Tipe-Tipe Teman, Anda Termasuk yang Mana?

Gambar: familyfriendpoems.com

Gambar: familyfriendpoems.com

Bersosialisasi dan menjalin pertemanan adalah salah satu kebutuhan manusia yang harus dipenuhi. Secara alamiah, manusia memang makhluk sosial yang membutuhkan berinteraksi dengan masyarakat sekitar. Dalam Hirarki Maslow, pertemanan masuk dalam tingkat kebutuhan ketiga, yaitu social needs.

Namun, kita perlu mewaspadai tipe-tipe teman yang dekat dengan kita. Ada lima tipe teman sebagai berikut:

Ada beberapa tipe teman, pertama, seperti udara. Khususnya oksigen. Dia sangat kita butuhkan. Namun, keberadaannya tidak pernah kita rasakan. Dia memasuki kita dengan cara yang lembut, lalu menyelusup ke seluruh sudut tubuh kita. Kita menyambutnya dingin-dingin saja, tetapi, percayalah, tanpa keberadaannya, kita akan mati.

Tipe teman kedua, seperti makanan. Kita pasti akan sangat suka melihat makanan, apalagi yang disajikan dengan indah, dan rasanya pun enak serta lezat. Kita sangat membutuhkan makanan, dan keberadaannya selalu kita sambut dengan penuh antusiasme. Tetapi kalau kebanyakan makan, kita bisa eneg dan bosan, serta obesitas alias gendut yang sangat tidak baik untuk kesehatan.

Tipe teman ketiga, seperti obat. Rasanya sungguh pahit, kita akan menghindarinya dan ogah menyantapnya tiap hari. Mungkin dia menyebalkan, cerewet, sinis. Tetapi percayalah, kita membutuhkanobat  untuk sembuhkan sakit.

Tipe teman keempat, seperti narkoba, atau seperti arak. Bikin melayang, mabuk, senang, melimpahi pujian, namun membahayakan kesehatan, bahkan bisa mematikan dan bikin kecanduan yang akan menguras dompet kita hingga kita jatuh miskin.

Tipe teman kelima, seperti racun. Ini sebenarnya sama sekali tak ada kebaikan. Rasanya pahit, dan begitu meminum, kita akan mati seketika.

Itulah lima jenis teman, kita termasuk yang mana?

Ditulis oleh Ummi Syahidah.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *