Mau Kulit Putih Berseri? Pahami 4 Prinsip Perawatan Kulit Ini

Oleh Yeni M. Ahmad

Menjadi tua, kadang merupakan hal yang mengerikan. Bagaimana rasanya melihat kulit pelan-pelan berubah keriput dan tak cantik lagi? Memang betul, secara alami, seiring dengan bertambahnya usia seseorang, kulit juga akan mengalami penuaan. Akan tetapi, penuaan itu sebenarnya bisa diperlambat dengan melakukan perawatan kulit yang baik.  Saat debat Calon Gubernur DKI Jakarta kemarin, coba lihat betapa manisnya Mbak Ira Kusno yang ternyata sudah berusia 47 tahun. Saya yakin, Mbak Ira yang usianya 10 tahun lebih tua dari saya itu, pasti rajin melakukan perawatan tubuh.

Perawatan tubuh tak selalu mahal. Yang penting, prinsip-prinsip perawatan kita lakukan. Ada empat langkah dasar perawatan kulit yang benar, yang jika diterapkan akan memperlambat penuaan kulit (skin aging), dan senantiasa menjadikan kulit kita dalam kondisi remaja. Apa saja?

CLEANSING

Yaitu pembersihan kulit, yakni pengangkatan semua kotoran, minyak, serta sisa make-up dari kulit. Mandi teratur sehari dua kali, berwudhu, membersihkan muka secara teratur dengan krim pembersih dan penyegar, merupakan berbagai bentuk proses cleansing yang popular dan lazim kita lakukan.

Sabun yang baik untuk pembersihan kulit, sebisa mungkin bukan sabun yang terbuat dari soda (non alkalis) dan ber-pH seimbang, agar fisiologi kulit kita tidak rusak. Pemakaian cleansing milk, cleansing cream, dan sejenisnya dianjurkan terutama untuk mengangkat sisa-sisa make-up. Setelah menggunakan cleansing cream, sempurnakanlah dengan penyegar kulit (freshner). Lakukan secara teratur, yakin deh, kulit kita akan terlihat lebih bersih dan segar.

MOISTURIZING

Yakni pelembaban kulit dengan pemberian lapisan lemak tipis (moisturizer), khususnya di bagian muka, agar cairan tubuh tidak menguap sehingga terjadi kekeringan kulit. Muka adalah daerah dari tubuh kita yang tidak tertutup pakaian, sehingga akan lebih mudah terjadi penguapan, khususnya saat siang hari. Bayangkanlah sehelai daun. Jika daun kehilangan air, maka dia akan layu dan kering, begitu juga kulit kita. Jika kulit kamu termasuk kulit kering, pemakaian pelembab  akan sangat efektif. Sedangkan yang berkulit berminyak, sebaiknya tidak usah menggunakan zat ini, karena justru bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan terjadinya jerawat.

PROTECTION

Yaitu perlindungan kulit, yakni melindungi kulit dari pengaruh sekitar yang merusak seperti sinar ultraviolet matahari, hawa yang ekstrem (panas atau dingin), angin, kotoran di udara, polusi udara, dan sebagainya. Sebab, hal-hal tersebut bisa merusak kulit kita. Misalnya, saat naik gunung atau berada di daerah yang sangat dingin, biasanya bibir kita akan pecah-pecah, sebab kulit bagian bibir kita sangat tipis.

Proteksi kulit terdiri dari dua jenis, yakni proteksi kimia  dan proteksi fisik. Proteksi kimia lazim disebut sebagai tabir surya (sunscreen), berupa krim yang dilapiskan ke wajah kita. Untuk orang Asia, sebaiknya sunscreen tidak mengandung senyawa PABA (Para Amino Benzoic Acid) beserta segenap keturunannya. Sedangkan proteksi fisik bisa berupa topi, payung, cadar, baju lengan panjang, jilbab, dan sebagainya. Bagi perempuan di daerah padang pasir, seperti timur tengah, memakai cadar bisa menjadi proteksi fisik dari pancaran sinar matahari yang sangat ganas.

PEELING/THINING

Artinya pengampelasan atau penipisan kulit. Ini dimaksudkan untuk mengangkat sel-sel kulit mati beserta kotoran yang menempel kuat di permukaan kulit dan tidak bisa terangkat oleh sabun biasa  atau krim pembersih. Ini bisa membuat kulit terhindar dari kekusaman serta menghilangkan penyumbatan pada pori-pori kulit yang menyebabkan jerawat.

Pengampelasan bisa dilakukan dengan menggunakan handuk yang kasar, masker wajah (face mask) atau scrubs cream yang berisi butiran-butiran bulat halus yang berfungsi sebagai pengampelas (abrasivers). Di sabun khusus muka yang dijual di toko-toko, kadang sudah ada yang mengandung scrubs cream. Demikian juga, masker banyak dijual di pasaran. Namun, kita juga bisa membuat masker sendiri dari bahan-bahan alami, misal jagung, pepaya, bengkoang dan sebagainya.

Yuk, praktikkan dengan teratur keempat langkah perawatan kulit tersebut! InsyaAllah kulit kita akan terlihat lebih segar, cerah dan bisa menunda ketuaan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *